Sabtu, 31 Desember 2011

SABUN TRANSPARAN CHIP SOAP NON ALKOHOL


Sabun transparan chip soap non alkohol





 PAKDE JONGKO

 0817654 0345












Duraposita Chem
2003


I.LATAR BELAKANG
Kebutuhan akan sediaan pembersih badan atau wajah dan dalam hal yang lebih khusus untuk merubah secara fisik permukaan kulit agar lebih putih, halus dan kencang, memunculkan beraneka ragam sediaan, dari lotion, cream, padat. Sediaan padat yang biasanya digunakan adalah sabun batangan (Toilet Soap). Sabun batangan terbagi menjadi sabun opaque, translucent dan transparent.
Sabun batangan (Toilet Soap) didefinisikan sebagai “Transparant” apabila seseorang dapat membaca font tipe 14 melalui sabun dengan ketebalan ¼ Inci. Sabun didefinisikan “Clear” apabila seseorang dapat membaca font tipe 6 melalui sabun dengan ketebalan ½ Inci.
Pembagian sabun transparan berdasar kategorinya dalam arti bahan kimia yang dikandungnya adalah sebagai berikut ;
Kategori A
Mempunyai emollient ekstra, kondisioner kulit, moisturizer, vit. E, ekstrak tumbuhan dan fragrant kualitas tinggi atau minyak essensial. Sangat sesuai untuk sabun kosmetik premium.
Kategori B
Mempunyai emollien dasar, kondisioner kulit, vit. E, ekstrak tumbuhan dan fragrant yang lebih murah. Sesuai untuk sabun kosmetik luxury.
Kategori C
Mempunyai emollien dasar dan fragrant murah. Sesuai untuk bahan sabun muka atau wajah.
High grade
Mempunyai kandungan glyserin tinggi, dengan kelunakan yang sangat baik dan kelembaban yang baik juga. Sesuai untuk pembuatan sabun dekoratif, mainan, promosi dan advertising.


 Awal mulanya sabun transparent dibuat dengan menggunakan alkohol (Monohydric Alcohol) yaitu dengan melarutkan sabun base (Chip Soap) dalam 20% - 50 % jumlah alcohol. Kemudian ditambah gliserin (5 % - 25% ) dan sirup (10 – 25 ) % . Setelah alcohol menguap selama waktu curing (pematangan) akan terbentuk sabun transparant yang berwarna agak kekuningan (yellow light).

Adanya alcohol dalam sabun tersebut walaupun sudah melalui waktu curing / ageing selama 2 minggu sampai 2 bulan tidak menjadikan sabun tersebut menjadi bebas alcohol. Hal ini membawa dampak bagi pengguna dimana akan terjadi efek skin dryness (kulit kering).
Skin dryness dapat terwujud dalam bentuk, bintik pada kulit, kulit merah, teriritasi, pecah-pecah, terkelupas dan lebih parah lagi pada kulit sensitive.
Disamping menyebabkan kulit kering, adanya alcohol dengan keadaan 96% membutuhkan rancangan khusus instalasi mesin sabun transparant, untuk menghindari ledakan atau kebakaran. Alkohol 96% sangat mudah terbakar karena titik api sangat rendah. Adanya alcohol yang menguap akan mengurangi berat sabun akhir .
Dari gambaran diatas formulator sabun transparant merancang sabun yang lebih baik untuk kulit. Sabun tranparant non alcohol yang berbasis moisturizing dan humectan ( misal gliserin, gula, pripilen glikol ) akan menjaga kulit dari efek kulit kuning yang sering muncul dari sabun transparant alcohol. Dengan adanya bahan yang bersifat humectan dalam sabun akan menjadikan sabun tersebut sebagai sediaan mointurizing yang lebih baik.

II. KOMPOSISI.
Sebagaimana yang dimaksud sebelumnya kandungan utama sabun transparant bebas alkohol adalah
a. Fatty Acid Soap (Sabun Asam Lemak)
Komposisi sabun meliputi jumlah yang efektif dari satu atau lebih sabun asam lemak untuk mendukung sifat pembersih dan detergensi dari sabun transparant tersebut. Jumlah yang sesuai dari asam lemak tersebut dari sekitar 3% - 45%, atau lebih tepatnya 6% - 20%.
Asam lemaknya dari rantai karbon 8 sampai 22 dan lebih baik yang penuh. Sabun asam lemaknya dapat berwujud sodium, magnesium, ammonium, triethanol ammonium. Asam lemaknya juga dapat diturunkan dari lemak dan minyak seperti minyak kelapa, palm kernel, kendal, stearic acid trippel pressed.
b. Humectan Solvent.
Komposisi sabun transparant bebas alkohol mengandung humectan solven tingkat tinggi untuk mendukung pelembaban kulit, mildness dan sebagai alat untuk melarutkan sabun asam lemaknya. Kandungan humectan solven antara 50% - 70% dari total berat sabun.
Humectan solven meliputi bahan organic polyol yang larut dalam air, seperti gliserin, propilen glycol, dipropilen glikol, butilen glikol dan ethylene glycol, gula sorbitol, mono, di, triethanolamine. Humectan solven yang lebih digunakan adalah gliserin, propilenlikol, gula dan sorbitol.
Sebagaimana dikemukakan diatas humectan solven juga sebagai alat untuk melarutkan sabun asam lemaknya. Rasio humectan solven terhadap sabun lemak tak larut dari 4 : 1 sampai dengan 14 : 1

c. Air
Air merupakan pendukung pelarutan, stabilisasi, daya proses dan pembawa watak [pelembab dari formulasi sabun tersebut, lebih jauh lagi kombinasi antar air dan humectan solven akan membantu mengurangi kecenderungan sabun untuk mengendap dalam bentuk film kering atau residu yang berminyak pada kulit. Kandungan humectan solven dan air dalam sabun antara 65% sampai dengan 96%.
d. Agen Aktif
1.Ginseng
Kepopuleran ginseng sebagai tumbuhan yang berguna untuk membantu meningkatkan stamina telah sejak lama diakui oleh masyarakat Asia Timur.Di negeri Cina, ginseng yang sering disebut sebagai ren shen nilainya dianggap lebih tinggi dibandingkan emas.
Secara tradisional geinseng sejak lama banyak dimanfaatkan untuk membantu stamina tubuh. Dalam kehidupan sehari – hari, tanpa disadari manusia sering mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung zat – zat yang merupakan factor – factor dominan penyebab terjadinya penyempitan pembuluh darah yang potensial untuk menghambat kelancaran peredaran darah keseluruh tubuh termasuk otak.
Keadaan ini secara langsung akan berdampak buruk bagi kesehatan manusia. Dengan mengkonsumsi makanan tambahan yang mengandung ginseng, resiko terjadinya hal tersebut diatas dapat diminimalisasi secara maksimal. Adalah saponin yang merupakan elemen terpenting yang terkandung pada tanaman ginseng yang berguna bagi kesehatan manusia.
Kandungan saponin pada buah ginseng terbukti tujuh kali lipat lebih besar dibandingkan apa yang terdapat pada akarnya (kandungan saponin pada buah ginseng adalah 83%). Selain itu, persenyawaan buah ginseng empat kali lebih efisien, yang berarti sapionin pada buah ginseng lebih mudah diserap oleh tubuh. (Japan Health Association). Adapun manfaat buah ginseng secara umum adalah untuk membantu meningkatkan stamina tubuh.

2. Mengkudu (Morinda Citrifolia)
Mengkudu adalah tanaman perdu yang tumbuh membengkok dengan ketinggian mencapai 4 – 8 meter. Bercabang banyak dengan bentuk ranting yang bersegi empat. Letak daun berhadap hadapan secara bersilang, bertangkai dengan bentuk daun yang bulat telur melebar menyerupai bentuk elips atau oval dengan panjang daun 10 – 40 cm, lebar daun 5 – 17 cm, tebal dan terlihat mengkilap.
Buah mengkudu berbentuk bulat lonjong dengan panjang sekitar 5 – 10 cm. Permukaan buah tidak rata atau benjol benkol, berwarna hijau ketika mentah dan berwarna kuning ketika sudah matang, daging buahnya tebal dan banyak mengandung air. Buahnya berbau busuk menyengat dengan bijinya yang berwarna coklat kehitaman.
Mengkudu mengandung acubin, asperuloside, alizarin dan beberapa zat antrakuiono yang terbukti sebagai zat anti bakteri. Zat – zat tersebut menunjukan memiliki kekuatan untuk melawan bakteri infeksi, mengontrol perkembangan bakteri yang mematikan, seperti bakteri salmonella dan shigella. Dan segudang zat aktif bermanfaat lainnya yang dikandung oleh mengkudu.
Untuk perawatan kecantikan, mengkudu dengan kandungan zat yang bermanfaat itu dapat digunakan untuk mengobati ketombe. Ketombe merupakan gangguan dikulit kepala yang berupa terjadinya pembentukan sisik maupun keropeng halus berwarna keputihan menimbulkan rasa gatal.
Mengkudu juga dapat digunakan untuk menghaluskan kulit, karena perubahan suhu, udara, polusi udara, kosmetika yang banyak mengandung bahan alkali kulit bisa menjadi kasar. Kulit yang kasar terjadi karena kelenjar minyak yang ada pada lapisan dermis (lapisan dalam) kulit memproduksi minyak dalam jumlah yang relatif kecil. Akibatnya kulit menjadi kasar, kusam dan tidak lentur.
            e. Aroma
1. Lavender
Minyak lavender diperoleh dengan cara distilasi bunga, Komponen kimia utama yang dikandungnya adalah linail asetat, linalool. Minyak lavender bersifat serbaguna, sangat cocok untuk merawat kulit terbakar, terkelupas, psoriasis, dan juga membantu kasus insomnia. Minyak lavender digunakan secara luas dalam aromaterapi. Aromanya berkhasiat membangkitkan kesehatan, cinta, dan kedamaian. Lavender juga membantu keseimbangan kesehatan tubuh yang sangat bermanfaat dalam menghilangkan sakit kepala, premenstrual sindroma, stress, ketegangan, kejang otot, dan regulasi jantung.
2. Patchouly
Patchouli atau minyak nilam dikenal karena keberhasilannya menyembuhkan impotensi, khususnya frigiditas. Nilam sangat cocok untuk wanita yang memiliki respon seksual rendah dan tidak pernah mengalami orgasme. Nilam memiliki kesan misteri dan membantu pasangan mencapai kebahagiaan karena dapat meningkatkan kreativitas hubungan seksual.
Nilam juga dapat digunakan untuk obat antiseptik dan sangat cocok untuk menyembuhkan infeksi vagina dan penyakit sariawan. Minyak nilam sangat bermanfaat untuk perawatan kulit yang kering, bersisik, dan pecah – pecah.
Minyak nilam diperoleh dengan cara mendistilasi daunnya. Komponen kimia utama yang terkandung didalamnya adalah pachouli alcohol dan bulnesena. Sebagai parfum, minyak nilam sering digunakan dikalangan orang – orang terhormat karena baunya menenggelamkan emosi dipakai untuk mandi, perawatan rambut, pembasmi serangga, pijat, parfum, pengharum ruangan, dan perawatan kulit.
3.Ylang – ylang
Ylang – ylang atau kenanga menjadi sangat terkenal karena dapat membantu membangkitkan nafsu cinta. Minyak kenanga juga dapat menghilangkan rasa jenuh serta dapat menciptakan perasaan senang dan bahagia. Rasa takut terhadap sesuatu dapat dihilangkan dengan pijat aroma menggunakan minyak ini. Minyak kenaga dapat mengurangi rasa ketakutan dan memberi rasa rileks. Selain itu, dipakai juga untuk perawatan kulit berminyak dan menumbuhkan rambut.
Aromasnya sangat eksotik, wangi, dan erotis, sehingga kenanga menjadi bahan parfum kelas tinggi. Namun, penggunaannya harus hati-hati, karena dalam konsentrasi tinggi dapat menimbulkan sakit kepala. Minyak kenanga diperoleh dengan cara mendistilasi bunga, Komponen kimiayang terkandung di dalamnya adalah b-linalool, kariofilena, dan B-kariofilena. Minyak kenanga digunakan untuk mandi, pijat, wewangian, pengharum ruangan, dan perawatan kulit.
f. Anti Oksidan.
Sebab sabun tersusun dari asam lemak, minyak, lilin senyawa itu mengandung ikatan tidak jenuh, dengan menganggap bahwa bahan yang tidak jenuh akan mudah teroksidasi. Reaksi tersebut ditandai dengan keluarnya bau tengik pada sabun atau sabun menjadi irritan ke kulit. Untuk menjaga terjadi reaksi oksidasi diperlukan bahan anti oksidan. Bahan yang biasa digunakan adalah ;
1.Tokoferol.
2.BHT ( dibutil hydroxytoluen ).
3.BHA ( butil hydroxyanisol ).
4.Ester asam gallat.
5.NDGA ( Nordihydroxyquaiaretic acid ).

Dapat digunakan bersama atau tunggal, baik juga bila ditambahkan bahan promotor antioksidan, seperti apa yang akan dibahas berikut ini.
g. Agen Sequestering.
Apabila logam tercampur dalam bahan sabun atau kosmetik langsung atau tidak langsung akan merendahkan kualitasnya. Ion logam dapat merubah bau, warna dan meningkatkan oksidasi bahan mentah yang berasal dari minyak. Selanjutnya dapat menghambat aksi farmasi ( pengobatan ) dan menyebabkan hilangnya penampilan, fungsi dan essensinya. Pada sabun transparan akan menyebabkan hilangnya transparansinya. Senyawa yang dapat membuat pasif ion logam tersebut adalah agen sequesteran. Bahan yang biasa digunakan adalah ;
1.EDTA ( paling sering dipakai ).
2.Asam Phosporat.
3.Asam Sitrat.
4.Asam Askorbat.
5.Asam Suksinat.
6.Asam Glukonat.

 III. Manfaat dan fungsi Sabun transparan alami mengkudu ginseng.
Keuntungan menggunakan sabun transparan karena merupakan sabun premium yang mana mempunyai sifat sifat tambahan yang menguntungkan antara lain ;
• Penampilan transparan yang menawan.
• Mempunyai fungsi pelembab.
• Daya bersih yang efektif tanpa meninggalkan busa sabun.
• Lebih terasa lunak karena tidak ada alkali ( sodium ) yang tertinggal.
• Merupakan komposisi yang homogen dengan kandungan seperti emollien, moisturizer dan antiseptik.

Sabun tranparan dasar sudah mengandung moisturize, gliserin, propilen glikol dan bahan humectan gula yang juga berfungsi untuk mendukung pembentukan transparansinya. Dibandingkan dengan sabun biasa dari komposisinya sabun transparan sudah menunjukkan sabun yang lebih baik dari sabun biasa.
Dengan kandungan mengkudu dan ginseng membuat sabun mandi transparan alami sesuai untuk merawat kulit, menghaluskan kulit dan membantu metabolisme kulit. Mengkudu mempunyai sifat alami sebagai antiseptik yang dapat befungsi untuk membunuh bakteri dan mkro organisme yang merugikan kulit.


III . Prosedur Uji Sifat Sabun Transparant.
Prosedur pengujian sifat sabun transparant yang mempunyai performan yang baik adalah sebagai berikut :
a. Transparansi (Tranparancy)
b. Kekerasan (Hardness)
c. Laju keausan (Wear rate)
d. Foaming (pembuasaan)
e. Weight loss
f. Stability
g. PH
Juga sebaiknya dilakukan uji pengawasan mutu seperti
a. Bebas kadar alcohol
b. Free fatty acid
c. Free Alkali
Untuk pengujian diatas dilakukan pada instalasi yang berwenamg atau ditunjuk oleh pemerintah, yang lebih baik adalah institusi yang memegang ISO 9000.

Referensi
1. Membuat Sabun Transparan di rumah oleh, Agus Tri Widodo
2. Membuat Sabun Perawatan Kulit oleh, Agus Tri Widodo
3. Cosmetic And Toiletries oleh, Wilfried Umbach
4. The Manufacture Of Soaps, Other detergent and glycerine oleh, Edgar Woallatt
5. New Cosmetic Science oleh Taheo Mitsui
6. Us Patent 5703025.
7. Us Patent 5786311.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar